Featured Slider

Nikmati Udara Sejuk di Semarang, Ini Tempat Yang Bisa Kamu Kunjungi

Ketika bicara soal liburan ke tempat wisata di Semarang, salah satu hal yang langsung terbayang adalah soal udara. Kota pelabuhan ini memang dikenal memiliki udara yang lembab dan panas di pusat kotanya. Namun Semarang adalah kota yang sangat istimewa, yang tak hanya memiliki satu sisi kota saja.

Meski di bagian pusat kotanya panas dan bikin keringatan. Namun bergeser sedikit ke Selatan, terdapat sebuah bukit yang membuat kota ini jadi dingin. Selain itu, kawasan Kabupaten Semarang juga memiliki udara sejuk di tempat wisata yang layak dikunjungi buat liburan kali ini.

Gardu Pandang Lereng Kelir


foto: @yuliwick

Diantara semua tempat wisata yang ada di Semarang, kawasan Gardu Pandang Lereng Kelir kini sedang jadi buruan wisatawan. Berlokasi tak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, kawasan perbukitan nan menghijau ini sekarang jadi tempat wisata di Semarang yang ngehits, baik di kalangan anak muda maupun keluarga.

Gardu Pandang Lereng Kelir berada di Dusun Brongkol, Desa Gertas, Kecamatan Jambu, Ambarawa. Untuk menuju ke sana, hanya perlu waktu satu jam saja dari pusat Kota Semarang yang bisa diakses dengan menggunakan mobil atau motir pribadi. Jalanan berkelok dan berliku akan menjadi teman sepanjang menuju Gardu Pandang. Namun semua lelah akan terbayar begitu tiba di puncaknya dan melihat pemandangan dari tempat wisata di Semarang dan Salatiga yang menghampar dengan indahnya di kaki bukit.

Umbul Sidomukti

foto: phinemo.com


Tempat terbaik untuk melihat pemandangan Semarang dengan langit senja nan memerah adalah Umbul Sidomukti. Berada di kawasan Bandungan, Jimbara, Umbul Sidomukti tidak hanya memiliki udara nan sejuk, tetapi juga pemandangan mengagumkan.

Untuk menikmati kawasan ini, kamu bisa menginap di resort yang ada di sana. Bisa juga sekadar mampir dan main air di kolam renang yang banyak terdapat di kawasan perbukitan yang dikenal memiliki sumber air nan sejuk ini. Dari puncak tempat wisata di Semarang ini, kamu juga bisa melihat pemandangan lima gunung yang ada di sekitar Semarang. Baik pemandangan malam maupung siang hari, sama cantiknya dari Umbul Sidomukti.

Candi Gedong Songo

foto: bisniswisata.co.id


Kamu juga bisa berwisata sejarah di Semarang sembari menyegarkan badan. Itulah yang akan kamu dapatkan ketika liburan di Candi Gedong Songo yang terletak di Dusun Krajan, Desa Candi, Kecamatan Bendungan, Semarang. Dengan lokasi yang berada di kawasan pegunungan, Candi Songo memiliki alam yang menghijau dan udara sejuk. Di sekitar kawasan Candi peninggalan budaya Hindu yang jadi salah satu tempat wisata di Semarang ini juga terdapat sumber mata air panas yang kerap dikunjungi wisatawan.

Setelah lelah menyusuri kawasan Candi, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju sumber air panas untuk menyegarkan tubuh. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui di tempat ini.

Watu Gunung Ungaran

foto: bhinekapariwisata.com


Masih dari kawasan Ungaran, Semarang punya pesona lain yang tak kalah cantiknya. Watu Gunung Ungaran, yang merupakan kompleks wisata di kawasan Lerep, Ungaran Barat, Semarang.

Buat kamu yang suka bermain air, di tempat wisata di Semarang ini terdapat beberapa danau buatan dan kolam renang dengan air segar. Selain itu juga terdapat taman-taman cantik, serta  resort dan villa yang bisa disewa untuk liburan bersama keluarga.

Meski kolam-kolamnya adalah buatan manusia, namun suasana di sekitar tempat wisata ini dibuat sealami mungkin. Pepohonan ditanam di berbagai sudut, membuat udara di Watu Gunung Ungaran terasa sejuk meski matahari tengah bersinar dengan teriknya.


Liburan Sambil Belajar, Main ke Museum IPTEK TMII Saja

Pengen liburan yang menyenangkan tapi tetap dapat wawasan pengetahuan yang menarik, tentu Museum IPTEK TMII jawabannya. Meski namanya museum, tapi penyajian di tempat yang juga dikenal sebagai Pusat Peragaan IPTEK ini sangat menarik. Seru dan nggak membosankan baik buat anak-anak maupun dewasa.



sumber:rikamedina.blogspot.co.id 

Ada apa saja di dalamnya?

Berbagai macam peragaan ilmu pengetahuan terdapat di museum ini. Seperti Pusat peragaan listrik dan magnet, yang mana kamu bisa melihat bagaimana listrik bisa terjadi dan bagaimana hubungannya dengan medan magnet secara langsung.

Tempat menarik lainnya adalah Arena Peneliti Cilik dan Kidsmart Corner, yang mana anak-anak bisa bereksperimen secara langsung dengan bimbingan dari pemandu. Selain mendapatkan pengetahuan baru, anak-anak juga dapat pengalaman berharga dari liburan di sini.

Nggak cuma menarik buat anak-anak, Museum IPTEK juga memiliki tempat seru buat orang dewasa seperti Pusat peragaan robotik yang menarik. Pusat peragaan transportasi, pusat peragaan mekanika, ruang sirkulasi gempa dan banyak tempat lainnya yang seru. Selengkapnya, kamu bisa cek di Traveloka.

sumber:sdistiqomah.sch.id

Live demo

Kalau kamu beruntung, bisa melihat live demo di Museum IPTEK yang membahas tentang berbagai hal. Seperti demo pembuatan roket air, peragaan kimia, peragaan transportasi dan gempa, serta banyak live demo lainnya yang sangat edukatif.

Anak-anak bisa belajar dengan menyenangkan lewat live demo ini. Pelajaran sains yang selama ini mungkin jadi momok bagi mereka, bakal terasa menyenangkan karena ketika dipraktekkan secara langsung ternyata seru sekali.

Selain itu di dalam Museum IPTEK juga terdapat Science Cinema yang memutar film-film bertema ilmu pengetahuan. Selain menambah pengetahuan dan pengalaman, anak-anak juga bisa menambah wawasan dengan cara yang menyenangkan.


Alat peraga bisa disentuh

sumber: Zaara krenz

Nggak perlu takut untuk menyentuh berbagai alat peraga IPTEK yang ada di museum ini. Semuanya bisa disentuh, agar anak-anak dan pengunjung bisa merasakan sensasi belajarnya secara langsung dan pastinya lebih seru daripada sekedar melihat saja.

Dengan peragaan langsung seperti ini, belajar menjadi lebih menyenangkan. Baik itu pelajaran matematika sekalipun, yang pas tinya lebih seru ketika diperagakan secara langsung di sini.

Lokasi

Museum IPTEK berada di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya TMII, Cipayung, Jakarta Timur. Dengan lokasi di sekitar Jakarta Timur, tempat wisata ini nggak jauh dari Bekasi dan bisa ditempuh dengan kendaraan apa saja. Berbagai angkutan umum melintas di kawasan Museum IPTEK yang terletak di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah ini. Sesuaikan saja dengan jalur keberangkatanmu untuk menuju ke sana.

Jarak yang dekat ini juga yang membuat tempat wisata ini selalu jadi jujugan warga Bekasi yang ingin liburan di akhir pekan.

sumber:jpp.go.id



Jam operasional dan harga tiket

Museum IPTEK buka setiap hari mulai dari Senin sampai dengan Minggu, dengan jam buka harian mulai pukul 08.00 – 16.30 WIB, dan khusus pada hari Minggu buka pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Tiket masuk ke dalam museum ini sangat terjangkau, sekitar Rp 16 ribu sekali masuk. Tapi ini belum termasuk tiket ke TMII-nya ya. Jadi tiket masuk Museum IPTEK dijual terpisah namun dengan harga yang tak terlalu mahal.

Nah, banyak hal menarik kan di tempat wisata dekat Bekasi ini? Yuk, main ke Museum Iptek sekarang!

Berkenalan dengan Penjaga Masjid Baiturrahman Aceh

“Mam, tadi pas motret di depan kayak ada orang marah-marah. Teriak sambil nunjuk-nunjuk gitu tapi enggak tahu kenapa. Aku langsung ngibrit ke sini deh,” ujarku pada Mamak Donna.

“Eh, serius?”

“Iya. Tadi kan aku motret di depan sana lama. Yaudah aku tinggal ke sini aja.”


Masjid Baiturrahman Aceh
Cakep banget ya? Adem lihatnya ^^

Ide Wisata di Bali, Tempat-Tempat Cantik Ini Nggak Boleh Kelewatan

"Aku pengin liburan santai deh. Nggak ada target apapun. Bener-bener menikmati," ujar embak pada seorang sahabat via whatsapp.

"Lagi pengin ke mana emang?"

"Yang deket-deket aja biar cutinya nggak lama. Biasalah aku kan fakir cuti."

"Eh, gimana kalau ke Bali aja? Masih relatif dekatlah sama Semarang. Bisa pergi di weekend lalu nambah sehari," ujar sahabat bersemangat.

"Bali ya? Enaknya ke mana aja kalau di sana?" tanya embak yang memang lagi cupet ide.

"Dengerin baik-baik yaaa. Jangan sampai ketiduran. Catet kalau ke Bali wajib pergi ke mana saja," 

Mengenal Indonesia Lebih Dekat di Galeri Indonesia Kaya

"Mbak Les, udah pernah ke Galeri Indonesia Kaya belum?" tanya Mbak Putri setelah kami berjumpa di West Mall Grand Indonesia.

"Belum, Mbak. Kenapa emang?" tanya embak sambil sibuk menata barang belanjaan. Yoih jauh-jauh dinas ke Jakarta tetep aja ribut cari buah. Wkwkwk. Pencitraan dikit boleh kan ya? Hahaha.

"Main ke sana yuk, Mbak. Mau nggak? Mbak Les udah laper?"

"Laper sih udah, Mbak. Tapi nggak apa-apa ke sana dulu. Masih bisa ditahan kok. Daripada makan dulu nanti ujung-ujungnya malah mager."

"Yuk sekarang aja! Keburu tutup. Tempatnya ada di lantai 8."

Kami bergegas menuju lantai 8 di mana Galeri Indonesia Kaya berada. Sepanjang perjalanan kami sibuk ngobrol hal remeh temeh. Maklum kami sangat jarang ketemu. Paling banter 2x setahun.

"Nah, Mbak Les, kita udah sampai. Yuk masuk!" seru Mbak Putri menunjuk ruangan yang bertuliskan "Galeri Indonesia Kaya". Tepat bersebelahan denga bioskop.