Sabtu, 27 Januari 2018

Belajar Bersama Kirana and Happy Little World

Judul buku: Kirana & Happy Little World
Penulis: Retno Hening Palupi (@retnohening)
Penerbit: GagasMedia
Tahun Terbit: 2018


Perlu membaca 2x komik ini sebelum benar-benar menuliskan resensi ala-ala. Maaf ya Kirana, Ibuk Retno, kalau resensi ini benar-benar ala kadarnya. Terlalu banyak yang ingin dituliskan. Duh, kok baper jadinya ya. Hehehe. Kenapa judulnya belajar? Ya, karena setelah baca komik ini jadi belajar buanyak dari Kirana, Ibuk dan Ayah. 😊

Siapa yang tak kenal dengan Kirana? Kalau search hastag #TemanMainKirana di instagram pasti banyak muncul postingan berisi foto dan video gadis cilik dengan raut wajah menggemaskan. Bahkan ada akun instagram fans Kirana lho! Pemilik wajah dengan rambut khasnya dan senyum lebar yang tak pernah ketinggalan memang bikin pengin kenalan lebih dekat dan main bareng. Pengin uwel-uwel dan nyiwel pipinya yang montok. Eh, salah pengin main sama Kirana dan Rumaysa dink. Hehehe.


"Tar, kamu tahu Retno Hening nggak sih? Lagi hits banget bukunya. Biasanya kamu kan update soal buku," tanya teman saya sambil menunjukkan gambar buku di sebuah akun instagram.

"Retno Hening? Emmm...enggak ik. Duh, kok aku kudet banget ya. Coba liat akunnya deh," ujar saya penasaran. 

"Nih. Buku ini lagi hits banget. Kemarin rame diperbincangkan di grup sekolahnya anakku."

"Duh, beneran aku nggak tahu."

"Tumben."

"Yakali aku udah lama nggak nongkrongin grup para penimbun buku dan ke toko buku eeuyyy. Maklumlah."

Begitulah awal mula perkenalanku dengan akun Ibuk @retnohening. Gegara penasaran akhirnya ngepoin akun Ibuk. Dan langsung jatuh cinta! Ternyata buku "Happy Little Soul" adalah cerita bagaimana Ibuk mengasuh Kirana. Maaf ya Ibuk, resensi Happy Little Soul belum ditulis. Insya Allah nanti pasti ditulis. Gapapa ya sekarang nulis yang komik dulu. Hehehe.

Kirana and Happy Little World
Kirana and Happy Little World

Baca komik "Kirana & Happy Little World" nggak ada sejam juga udah selesai. Ceritanya seru. Tingkah polah Kirana yang menggemaskan memang membuat orang jadi banyak belajar. Kirana memberikan contoh-contoh kecil yang terkadang seringkali luput dari kacamata orang dewasa. Bagaimana membuat orang lain happy, tertawa, bersyukur atas hal-hal kecil, berbagi kepada orang lain, memaafkan, melupakan kesalahan orang lain, dan masih banyak contoh lain. Kirana, gadis kecil ini juga mencontohkan bagaimana mempraktekkan the three magic words: tolong, maaf, dan terima kasih. Dalam kesehariannya Kirana sering banget mengucapkan kata-kata itu. Bahkan udah jadi kebiasaan ya, Kirana? Sun sayang deh! Masih ingat kapan terakhir kali kita menggunakan tiga kata ajaib itu? Yuk, belajar sama Kirana dan rasakan keajaibannya.


Kirana and Happy Little World
Kirana & Rumaysa
Ibuk, sesosok wanita hebat dibalik gadis kecil bernama Kirana. Aku yakin betul berkat Ibuklah sosok Kirana menjadi gadis kecil yang begitu santun dan lembut hati. Kalau pernah kepoin akun Ibuk dan baca komik ini pasti tahu bagaimana Kirana sangat mudah tersentuh dengan hal-hal sederhana. Walau dalam perjalanannya mendidik Kirana tentu tak semudah seperti yang kita lihat di akun instagram dan cerita komik ini. Tapi Ibuk adalah sosok yang luar biasa. Selalu menjadi sosok sahabat, teman belajar, bermain serta berproses bersama Kirana. 

Kirana, gadis kecil yang yang menjadi idola banyak orang juga sesosok anak kecil layaknya anak-anak lain. Kadang tantrum, nangis, rewel, menguras kesabaran Ibuk Ayah, punya rasa cemburu ketika Rumaysa lahir dan sederet tingkah polah khas anak kecil. Tetapi Kirana selalu mengingatkan kita untuk terus happy di setiap waktu. Gitu kan ya Kirana?

Beberapa cerita di komik ini dilengkapi hadist seperti saat memakai sepatu dan mau tidur. Terkadang kita suka asal pakai sepatu dan kebablasan tidur karena asyik main games atau baca buku kan ya? :)

Komik ini lucuk banget ilustrasinya. Gemas! Sang ilustrator berhasil menghadirkan sosok Kirana dalam bentuk gambar yang tak kalah menggemaskan seperti di akun instagram Ibuk. Komiknya full colour dengan cover yang cerah ceria khas Kirana yang selalu happy. Sukak!
Kirana and Happy Little World
Kirana ^^

Masukan untuk komik ini hanya ada typo penulisan di beberapa kata. Seperti penulisan kata "mengerti" yang tertulis "menegerti" dicerita Membaca Ayat Kursi, penulisan kata "nongkrong" yang tertulis "nongrong" dicerita "Friends, Main Bareng Kirana, Yuk!" dan juga penggunaan huruf kecil pada nama Kirana di beberapa cerita. Komik ini juga tidak ada nomor per halaman dan daftar isi jadi agak susah kalau ingin baca ulang salah satu cerita saja misalnya. Tetapi secara keseluruhan cerita, ilustrasi, dan penyajian komik ini sangat bagus. Ditunggu komik lanjutannya ya, Ibuk! Buku selanjutnya sama Dek Rumaysa juga donk ya :)

Terima kasih Kirana telah membuat hari-hari tante seketika ceria saat melihat tingkah polahmu. Kamulah yang pertama dicari di instagram kala kepala mulai berasap dan bete.  Tumbuhlah menjadi gadis yang lembut hati ya, Nak. Tetaplah ceria dan menjadi penghiburan untuk orang lain. Love you, Kirana! Semoga bisa main sama Kirana suatu saat nanti ya, Nak. :')

Terima kasih Ibuk telah menghadirkan cerita-cerita lucu dan sarta makna via instagram. Semoga Allah selalu menjaga Ibuk sekeluarga yaa. Semoga bisa bertemu Ibuk sekeluarga suatu saat nanti. Entah di mana. Aamiin.


Salam sayang dari Semarang,

@tarie_tarr

8 komentar:

  1. Saya belum pernah baca buku kirana series mba. Booming nya mah tau.. hehehe. Next time mudah2an bs baca.

    BalasHapus
  2. Aku juga suka Kirana mbak, suka banget banyak yang bisa dipelajari dari Kirana. Kira itu unik kadang buat kita tertawa ngakak kadang buat kita sedih berderai air mata palagi kalau dah bahas2 ibuknya.

    BalasHapus
  3. Hai Kirana,, aku baru tahu dikenalin tante Taro nih,, mau ngintip cerita Kirana & ibuk juga ah.

    BalasHapus
  4. Aku juga suka kepoin IGnya ibuk retno hening..banyak belajar dari sana tapi belum sempet-sempet nih ke toko buku buat beli bukunya..

    BalasHapus
  5. Lucunyaa kirana, jadi kepoin IG nya deeh..

    BalasHapus
  6. aku belum punya, baru tahu, haduh kudet deh

    BalasHapus
  7. aku suka liat ig nya si kirana lucu selalu :D

    BalasHapus